KIS adalah Tempat Berkumpulnya Pencinta Skateboard di Indonesia

COMMUNITYpluz.com (CP) – Semenjak tahun 1994, pada setiap tanggal 21 Juni para pemain skateboard di seluruh dunia memperingati Go Skateboarding Day. Hari Raya penggemar skateboard ini dicetuskan oleh sekelompok skateboarder di California Selatan.

Mereka memilih hari yang tepat untuk membebaskan diri dari rutinitas dan tidak melakukan apapun kecuali bergembira dengan skateboard. International Association of Skateboard Companies kemudian memilih tanggal tersebut sebagai harinya para skateboarder.

Sementara itu di Indonesia, kejuaraan skateboard pertama dilangsungkan di Bandung pada tahun 1977. Namun olahraga ini ini mulai digandrungi saat tahun 2000an. Salah satu tandanya adalah banyaknya skatepark dan skateshop yang berdiri pada tahun tersebut.

Pada Asian Games 2018, untuk pertama kalinya skateboard diikutsertakan sebagai salah satu cabang olahraga dan Indonesia mendapat empat medali. Jason Dennis Lijnzaat dan Sanggoe Darma Tanjung berhasil meraih medali perak dan medali perunggu disumbangkan Pevi Permana Putra dan Bunga Nyimas.

Buat para penggemar skateboard, Komunitas Indonesia Skateboard (KIS) merupakan tempat benaungnya para pengemar dari seluruh Indonesia.

Menurut Tony Adam Cahya (Ketua KIS), ”Komunitas ini terbentuk sejak tahun 2018. Lahirnya KIS karena kevakuman organisasi. Sebelumnya pernah ada Indonesia Skateboarding Association dan Federasi Skateboard Indonesia.

“Senior-senior skater berinisiatif untuk membentuk suatu perkumpulan/organisasi yang legal karena nanti untuk berurusan dengan pemerintahan,” lanjut Tony.

Sampai saat ini, KIS sudah tersebar atau mempunyai keanggotaan di 18 provinsi dan beberapa kota hingga pengurus kabupaten.

Menurut Tony, Komunitas Indonesia Skateboard memmpunyai kegiatan rutin berupa latihan bareng. Selain itu, KIS juga mengadakan berbagai kompetisi dari tingkat daerah sampai dengan international yakni IOXC (Indonesia Open Extreme Sport Championship).

KIS pada tahun ini mempunyai beberapa agenda kompetisi salah satunya adalah Road To IOXC di 12 kota.Kompetisi ini rencananya akan menggelar partai finalnya di Candi Borobudur pada bulan November 2021

Bagaimana cara masuk jadi anggota KIS? Tidak ada syarat khusus. Cara bergabung bisa dengan menghubungi KIS di daerah terdekat saja tentunya.

Buat yang penasaran dengan komunitas ini, bisa langsung menghubungi di tautan berikut.

Website : https://kis.or.id/

Instagram :  https://www.instagram.com/kisbersatu/

Ngabuburit sambil main Skateboard sepertinya asyik juga yah…..

www.md7hotel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*