Persiapan Mudik nih, Lakukan Cara Ini untuk Mengurangi Rasa Lelah Saat Mengemudi

http://www.COMMUNITYpluz.com

NERGY LOGO_V2

COMMUNITYpluz.com (CP) – Lelah saat mengemudi pasti pernah dialami oleh semua pengendara, apalagi jika menempuh perjalanan jauh seperti mudik lebaran. Malah, kadang-kadang dibarengi dengan rasa kantuk. Hal ini merupakan manusiawi yang kerap dihadapi pada siang atau malam hari.

Bagaimana cara mencegah atau menguranginya?

Intinya, jangan biarkan rasa lelah dan kantuk itu terus menemani Anda selama perjalanan. Mengemudi merupakan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, jadi dibutuhkan tubuh yang prima agar tidak terjadi hal-hal berbahaya.

Untuk itu, perlu adanya solusi untuk meminimalisir rasa lelah selama mengemudi. Cara atau tips mengemudi di bawah ini mungkin bisa membantu Anda mengurangi rasa lelah saat sedang berkendara.

  1. Tidur yang cukup

Orang dewasa disarankan tidur tidak kurang dari 6 – 8 jam sehari. Nah, sebelum berkendara, ada baiknya untuk mendapatkan tidur yang cukup selama waktu ideal tersebut, karena kurang tidur akan mempengaruhi ketahanan mengemudi. Tidur yang cukup juga merupakan salah satu tips mengemudi jarak jauh yang sering ditekankan sebelum berkendara.

Bila perlu, tunda rencana keberangkatan jika Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Jangan mengambil resiko yang dapat mengganggu konsentrasi mengemudi dan akhirnya mengancam keselamatan Anda.

Tidak jarang, kecelakaan diakibatkan oleh pengemudi yang mengantuk. Salah satu penyebabnya adalah kurang mendapatkan waktu tidur yang ideal. Maka dari itu, siapkan diri Anda sebelum mengemudi, salah satunya adalah dengan tidur yang cukup.

  1. Lakukan peregangan otot

Berikutnya adalah melakukan peregangan otot kaki, tangan, leher, pinggang, dan yang lainnya agar tidak terasa kaku saat mengemudi. Kadang, area yang disebutkan itu akan terasa pegal ketika sedang mengemudi.

Peregangan ini juga berguna untuk menangkal stress ketika kondisi jalanan padat. Untuk itu, lakukan peregangan otot sekitar 5 menit sebelum berkendara. Anda juga dapat melakukan peregangan otot ketika sedang beristirahat di perjalanan.

  1. Atur posisi duduk

Setelah masuk ke kabin mobil, atur posisi duduk Anda sesuai dengan yang dibutuhkan agar tetap nyaman selama mengemudi. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, atur tinggi jok mobil untuk mendapatkan jarak pandang yang cukup luas.

Lalu, sesuaikan jarak jok dengan pedal gas, rem, atau kopling. Pastikan posisi kaki Anda tepat dan tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dari pedal-pedal tersebut, karena akan membuat Anda tidak nyaman ketika mengemudi.

Selanjutnya, atur sandaran jok untuk menjaga tulang punggung Anda tetap pada posisi yang pas. Seperti yang diketahui, tulang punggung merupakan bagian tubuh yang akan merasakan segala sesuatu pada saat berkendara, termasuk saat mobil berakselerasi. Jadi, jangan sepelekan hal ini.

Bila sandaran jok sudah dirasa nyaman, tentukan posisi setir mobil dan atur posisi head rest. Pastikan semuanya sudah di posisi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Terakhir, pasang safety belt dan Anda siap untuk berangkat.

  1. Tentukan rute perjalanan

Dan yang terpenting, Rute Perjalanan haruslah benar-benar di perhatikan. Rute Perjalanan yang hafal dan familiar bagi Anda akan lebih baik lagi. Artinya Anda akan mengetahui jarak dan waktu tempuh perjalanan, serta menentukan titik pemberhentian.

Cara lainnya, Anda bisa menggunakan navigasi yang ada pada smartphone untuk jarak dan waktu tempuh perjalanan. Apabila perjalanan Anda lebih dari tiga jam, lebih baik tentukan titik pemberhentian untuk beristirahat sejenak.

Pengemudi membutuhkan istirahat setiap tiga jam sekali karena tubuh akan cenderung lelah, karena syaraf-syaraf mengalami ketegangan. Untuk menghindari akibat yang tidak diinginkan, sebaiknya lakukan istirahat minimal 20 sampai 30 menit agar tubuh kembali fit.

Selain untuk meminimalisir kelelahan, cara di atas juga berguna sebagai tips agar tidak ngantuk saat mengemudi.

Jadi, selalu perhatikan faktor kenyamanan dan keamanan berkendara, serta jangan memaksakan untuk berkendara jika tubuh tidak fit karena akan beresiko bagi Anda

 

Please follow and like us:
0

http://agnes-co.mysirclo.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*