Ada Spiderman di Cirebon? Ada, di Komunitas Cirebon Rope Access

COMMUNITYpluz.com (CP) – Para Spiderman atau julukan kepada mereka yang ber-profesi membersihkan dinding pada gedung gedung tinggi atau mengangkat korban yang terjatuh pada kedalaman tentu tak semua orang punya. Bahkan profesi tersebut masih terbilang langka. Selain dibutuhkan kemampuan untuk bergelantungan di ketinggian, juga diperlukan nyali besar.

Dan itu ternyata ada Komunitasnya lho. Di Cirebon, nama Komunitas tersebut adalah Cirebon Rope Access. Di komando oleh Irawan bersama teman-teman seprofesi komunitas ini di bentuk. Menurut Irawan, Cirebon Rope Access berhubungan dengan tali temali dan bangunan tinggi. Berbeda dengan kegiatan pecinta alam, Rope Access lebih banyak di bidang industr.

Menurut Irawan, “Hampir semua Anggota Cirebon Rope Access memiliki background bekerja di bidang Rope Access seperti cleaning  di gedung gedung tinggi atau maintenance.”

Selain di bidang indutri, Rope Access juga berguna untuk penyelamatan atau rescue. Beberapa kali anggota komunitas tersebut juga turut membantu kegiatan penyelamatan korban yang terkait dengan ketinggian. Termasuk dirinya yang pernah membantu penyelamatan orang yang hendak melakukan aksi bunuh diri di sebuah tower di Kelurahan Larangan, beberapa tahun lalu.

“Kalau di industri ada standby rescue, misalnya ada projek dan tim penyelamat, kita yang masuk ke situ. Kalau kemanusiaan, misalnya yang waktu ada yang mau bunuh diri di Larangan Perum itu kita yang rescue. Selain dibantu BPBD dan Basarnas,” lanjut Irawan.

Di Cirebon sendiri, belum banyak orang yang telah tersertifikasi dalam bidang tersebut. Di komunitas Cirebon Rope Access sendiri baru enam anggota yang telah tersertifikasi level 1 dan 2 dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Industrial Rope Access Trade Association (IRATA), sebuah asosiasi internasional yang mengeluarkan sertifikasi keamanan rope access.

Tali karmantel, full body harness, Pulley, Double Pulley, descended, ascender dan carbiner merupakan beberapa alat standar yang digunakan dalam rope akses. Para anggota pun dituntut awas dan jeli dalam menggunakan peralatan tersebut. Dimana keamanan menjadi faktor yang sangat  penting.

“Saat ini, anggota komunitas Cirebon Rope Access  ini baru 10-15 orang saja. Background sebelumnya itu atlet panjat tebing semua. Kan karena nggak mungkin selamanya di atlet, kita lari ke professional industri, ya salah satunya lewat sertifikasi,” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*