Cara Unik Hilangkan Rindu kepada Keluarga karena tidak Bisa Mudik

COMMUNITYpluz.com (CP) – Pembatasan dan penyekatan mudik tahun ini membuat banyak orang harus merelakan mimpi mereka merayakan Lebaran.

Pandemi Covid-19 tahun ini membuat Anda tak bisa pulang kampung dan berkumpul dengan keluarga besar (lagi). Tak ada opor ayam buatan ibu di meja makan Anda. Tak ada antrean keponakan yang minta jatah THR. Rasanya hari Anda sepi dan sunyi, rasa rindu pun melanda.

Wajar ketika Anda merasakan rindu pada seseorang setelah lama tak berjumpa. Manusia juga pada dasarnya adalah makhluk sosial yang membutuhkan keintiman atau sosialisasi dengan orang lain.

Saat tak dapat bertemu secara fisik atau berbicara dengan seseorang yang Anda sayang, rasa sakit karena ketidakhadiran mereka dan kenangan-kenangan lama akan menghampiri.

Anda juga mungkin ingin bersama pasangan atau keluarga Anda, mengulang banyak momen membahagiakan bersama, tertawa bersama, dan saling berbagi cerita di ruang keluarga.

Terkadang orang bisa mengatasi kerinduan dengan menelepon atau berkunjung langsung. Namun di masa pandemi Covid-19 ini, kunjungan langsung harus dibatasi, sementara telepon rasanya sudah tak bisa mengobati rasa rindu.

Passengers carry their belongings as they board a ship to leave for their home towns at a port in Batam, Indonesia, Wednesday, Sept. 24, 2008. A yearly exodus out of big cities in the world’s most populous Muslim country has begun as millions of people started leaving for their hometowns to celebrate Eid al-Fitr holiday that marks the end of the holy fasting month of Ramadan. (AP Photo/Tundra Laksamana)

Berikut berbagai cara untuk menahan dan menguatkan diri tak bisa mudik dan bertemu keluarga saat Lebaran :

Menangis

Rasa rindu berat pada kampung halaman mungkin membuat Anda menitikkan air mata. Tapi percayalah, menangis bisa jadi salah satu obat mujarab kerinduan.

Mengatasi rasa rindu bisa dilakukan dengan mengatasi emosi atau perasaannya. Salah satu cara mengatasi emosi adalah mengeluarkan emosi tersebut dalam bentuk tangisan. Mengatasi emosi atau perasaan dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal, di antaranya dengan menangis sepuasnya

Berdoa

Tak disangka, berdoa sedikitnya bisa mengobati rasa rindu. Berdoa juga menjadi salah satu cara mengeluarkan emosi dari dalam diri. Anda bisa mendoakan keluarga atau orang terkasih Anda agar tetap sehat dan bahagian meski jauh dari Anda.

Berdoa juga membawa manfaat ketenangan batin pada diri. Berdoa dapat membawa kelegaan sekaligus melepaskan beban emosional. Hal ini disebabkan karena orang yang berdoa menyerahkan diri mereka pada Tuhan sehingga mereka yakin hal-hal baik akan hadir.

Bertukar kado

Anda bisa mencoba bertukar kado dengan sanak saudara yang berada di kampung. Minta mereka memberikan kado apa saja khas kampung halaman. Sebagai balasan, Anda bisa mengirimkan hampers kekinian pada mereka.

Meski tak biasa, bertukar hampers ternyata sering dilakukan oleh orang-orang. Selain senang mendapat hadiah, Anda mungkin bisa sedikit bernostalgia dengan barang khas dari kampung halaman.

Mukbang

Kangen bisa menguras tenaga. Apalagi jika Anda sampai menangis tersedu-sedu melihat foto kenangan bersama yang tercinta. Agar tenaga pulih kembali, Anda butuh banyak makan.

Mukbang bisa jadi salah satu cara agar Anda meluapkan emosi. Pilih makanan favorit dan sajikan di meja hingga Anda melupakan bahwa Anda sedang merindukan seseorang.

Selain makanan favorit, coba juga jelajahi makanan yang belum pernah Anda coba. Selain bisa melupakan rasa rindu, Anda bisa disibukkan dengan mengenali jenis-jenis makanan baru.

Mengulang momen sendirian

Terdengarnya memang agak sedih, namun mengulang momen yang pernah Anda lakukan bersama dengan yang tercinta bisa mengurangi rasa kangen Anda.

Misalnya, Anda pernah makan siang bersama keluarga Anda di sebuah restoran keluarga. Maka Anda bisa datang sendiri ke sana dan mengulang momen yang serupa. Anda juga bisa menelepon keluarga Anda atau melakukan video call saat berada di restoran tersebut.

Jalan-jalan sendiri

Jangan sampai uring-uringan sendirian. Anda bisa pergi kemanapun kaki Anda melangkah, mencoba kafe teranyar di lingkungan kos Anda, atau jalan-jalan keliling kota.

Namun ingat, lakukan dengan cara aman dan taat protokol kesehatan. Lakukan banyak hal menyenangkan untuk menghabiskan waktu, sehingga Anda lupa sedang merindukan seseorang.

Jalan-jalan virtual

Ketika tak bisa jalan-jalan jauh, Anda bisa memanfaatkan jalan-jalan virtual untuk melepaskan kangen. Ada banyak cara untuk jalan-jalan virtual. Misalnya dengan youtube, google maps untuk melihat rumah Anda di kampung halaman. Anda juga bisa melihat-lihat foto lama soal liburan yang menyenangkan dan mengingat kembali semua memorinya.

Berburu diskon

Tak perlu sedih berlarut karena tak bisa bertemu keluarga di kampung. Anda bisa menciptakan kebahagiaan sendiri dengan berburu barang diskon di mall.

Ketika hari besar, pertokoan pasti menyajikan diskon menarik yang sayang jika terlewatkan. Tak jarang potongan harga yang ditawarkan bisa hingga 70 persen per item. Anda mungkin bakal dapat barang yang sudah lama Anda impikan namun tersendat karena dompet kering. Gunakan momen diskon lebaran ini untuk membeli barang yang Anda inginkan.

Selain membeli barang untuk Anda, anda juga bisa membeli barang untuk keluarga Anda di desa. Karena sedang ‘banting harga’, Anda bisa dapat banyak barang tapi dompet tetap aman.

Mengatur ulang jadwal mudik

Anda tak harus bertemu keluarga saat momen lebaran. Waktu masih berjalan meski lebaran sudah lewat! Anda tinggal mengatur jadwal pulang kampung ‘susulan’ untuk bertemu dengan sanak saudara Anda di kampung.

Sabar dulu yah, waktunya segera tiba….

www.md7hotel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*