Himpunan Mahasiwa Teknik Lingkungan ITERA Gelar Aksi Peduli Lingkungan dengan Kerjsama bersama Komunitas Mangrove Lampung Selatan

COMMUNITYpluz.com (CP) – Aksi peduli lingkungan hasil kolaborasi antara HMTL Tirtamarta dan Komunitas Mangrove Lampung Selatan terbentuk atas kesadaran mahasiswa agar lebin peduli terhadap lingkungan dan isu permasalahannya. Kegiatan penanaman mangrove dan clean up pantai yang diikuti oleh sekitar 140 partisipan yang terdiri dari mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan ITERA, Komunitas Mangrove Lampung Selatan dan masyarakat umum.

Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL Tirtamarta) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang berkolaborasi dengan Komunitas Mangrove Lampung Selatan itu mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa aksi peduli lingkungan. Kegiatan tersebut diisi dengan kegiatan penanaman mangrove dan bersih-bersih Pantai (clean up) di Pantai Muara Helau, Way Lubuk, Kalianda, Lampung Selatan, beberapa waktu lalu.

Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL Tirtamarta) ITERA, Alsi Yudha Ikhwany menyampaikan aksi tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi Pantai. Kegiatan reboisasi atau penanaman kembali mangrove di Pantai Muara Helau guna membenahi lahan yang kosong akibat diluluh lantahkan tsunami pada 2018 silam.

Masyarakat sangat mendukung kegiatan penanaman ini karena memang dibutuhkan, mengingat kejadian tsunami 2018 yang menghancurkan pohon mangrove yang ada di Pantai Muara Helau sehingga diperlukan reboisasi kembali,” ujar Alsi

Alsi berharap semoga bibit mangrove yang sudah ditanam dapat tumbuh dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar, dan mampu mencegah abrasi pantai. Dia juga menyampaikan harapannya terhadap HMTL Tirtamarta ITERA agar tetap mempertahankan kegiatan yang fokus dalam pembenahan lingkungan dan memiliki kesadaran dalam memperhatikan masalah  serta isu yang ada dilingkungan sekitar. Tentunyah al tersebut sesuai dengan salah satu  fokus tri dharma perguruan tinggi di bidang pengabdian masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*