Pilih yang HID atau LED, kalau mau Ganti Lampu Mobil?

http://www.COMMUNITYpluz.com

COMMUNITYpluz.com (CP) – Jalan malam, lampu harus terang dong? Kalau tidak bisa repot dan membahayakan. Kali ini, C+ mau bahas Lampu Penerangan buat mobil kalian. Semoga bermanfaat yah.

Jenis lampu utama alias headlamp semakin banyak pilihannya. Pengguna mobil ada yang menggunakan lampu model light emitting diode (LED), high intensity discharge (HID), hingga halogen. Lantas, sebaiknya untuk lampu utama bagus pakai model mana? dan sebaiknya memilih lampu yang berkualitas. Hal ini berpengaruh pada keawetan lampu dan terangnya pancaran cahaya.

Daya lampu juga tidak dapat sembarang memilih. Patut diketahui bahwa lampu menghasilkan panas dan jika menggunakan lampu pengganti dengan watt lebih besar, berpotensi membuat aki mobil cepat soak atau membuat reflektor dan kaca lampu mengalami kerusakan.

 Mengapa saat ini banyak pabrikan lebih memilih LED daripada HID. Pertimbangan berasal dari efisiensi tenaga LED yang lebih baik dari HID, sebab HID biasanya punya watt lebih besar dari LED.

Hal lain yang menjadi faktor penentu juga berasal dari jenis reflektor yang ada pada mobil Anda. Pancaran cahaya LED akan lebih terasa manfaatnya ketika digunakan pada jenis reflektor diamond cut ketimbang jenis proyektor.

Jenis projektor membuat lampu harus menembus 2 lapis kaca, sehingga pancaran cahayanya menjadi berkurang atau tertahan. Lebih disarankan untuk menggunakan lampu HID pada mobil yang sudah dibekali projektor sebagai standar, karena intensitas cahaya HID lebih pekat.

Selain itu, LED juga diklaim memiliki durabilitas lebih baik dan pemasangan lebih mudah yang bahkan dapat dilakukan sendiri oleh konsumen. Sedangkan untuk memasang HID, diperlukan tenaga ahli agar tak terjadi kesalahan pemasangan yang dapat mengakibatkan arus pendek hingga berujung kebakaran.

Akan Tetapi LED pun ada kekurangannya dibandingkan HID. Seperti lampu LED mengunakan komponen kipas untuk mendinginkan lampu,sehingga terdengar suara kipas jika lampu menyala dari luar mobil.

Yang kedua adalah karet penutup dudukan lampu bagian belakang yang tidak dapat terpasang kembali. (lakukan pembesaran lubang diameter pada karet penutup dudukan lampu jika ingin penutup lampu tetap terpasang). Dan yang terakhir ialah warna putih yang dihasilkan lampu LED kurang bagus/tidak sebagus cahaya bohlam standart dapa saat hujan.

Keep Safety Drive always, Guys………..

 

Please follow and like us:
0

http://agnes-co.mysirclo.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*