Knalpot Mobil….. antara Penampilan dan Fungsinya

http://www.COMMUNITYpluz.com

COMMUNITYpluz.com (CP) – Knalpot atau alat pembuangan emisi pada kendaraan bermotor adalah merupakan hal yang sangat penting. Bagi beberapa orang, penampilan Knalpot pada kendaraanya terutama di mobil, sangat di perhatikan sekali. Tentunya selain fungsi yang di harapkan.

Mengganti atau meningkatkan sistem pembuangan kendaraan roda empat sering menjadi pilihan para pecinta modifikasi. Tak hanya sekedar mencari raungan suara yang lebih baik, penggantian knalpot dapat mempengaruhi performa.

Sayangnya ada anggapan bahwa semakin besar saluran akan memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap performa. Padahal hal ini tidaklah sepenuhnya benar.

Menurut bung Yosef,  sang ‘master knalpot’ dari bengkel H2O Bodywork Bandung belum lama ini kepada C+ berteori seperti ini, “Bahwa diameter saluran pembuangan seharusnya disesuaikan dengan kapasitas mesin mobil yang diusung. Jadi jangan sampai dimensi exhaust melebihi kapasitas mesin, misal 1.000 sampai 1.500 cc masih bisa pakai pipa exhaust dengan diamter 2 inci. Kalau 1.500 hingga 2.000 cc pakai 2,5 inci dan seterusnnya.”

Dengan begitu tenaga yang dihasilkan stabil atau bahkan lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan menggunakan saluran pembuangan dengan ukuran pengaturan yang lebih besar dari kapasitas mesin justru akan melemahkan semburan tenaga.

Jadi jangan hanya tampilan dan suaranya saja yang gahar tetapi fungsinya juga agar di perhatikan guna meningkatkan performa daripada kendaraan Kita.

 

 

Please follow and like us:
0

http://agnes-co.mysirclo.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*