Komunitas Sepeda Onthel TOPAS yang Ikut Promosikan Pariwisata Majalengka- Jabar

COMMUNITYpluz.com (CP)Komunitas Tonjong Onthel Panshor (Topas) yang berada di kelurahan Tonjong, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Sepeda onthel sudah akrab dalam sejarah bangsa Indonesia sejak 1880-an dan mulai banyak pada era 1910.

Sepeda onthel tidak kalah diminati masyarakat Kabupaten Majalengka, yang gemar berolahraga sepeda. Beberapa dari masyarakat bahkan ada yang membentuk komunitas untuk menyalurkan hobinya menunggangi sepeda buatan Belanda ini.

“Saat ini onthel sudah menjadi sepeda tua dan langka Berawal dari kecintaan itu, para penggemar sepeda onthel mulai bersepeda bersama sambil bersilahturahmi,” jelas Ketua Topas Sokhamad pada suatu kesempatan.

Ia menjelaskan, Topas merupakan komunitas sepeda tua jenis onthel yang berdiri di Majalengka sejak tiga tahun lalu. Berdirinya Topas berawal dari sekelompok orang yang memiliki kesamaan hobi mengoleksi sepeda tua jenis onthel.

Dia menjelaskan, pada perayaan Ultah ke-3 kali ini mendapat support dari seluruh komunitas sepeda tua di wilayah Kabupaten Majalengka. “Perayaan ini juga sebagai ajang silaturahmi antar sesama komunitas pecinta sepeda tua. Namun, tetap kita menerapkan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan pemerintah,” kata dia.

Dia berharap kehadiran komunitas sepeda tua di Majalengka memiliki andil dalam menunjang kegiatan pariwisata ke depannya.

“Topas selalu berjalan sinergi antar sesama anggota. Yang tiap minggunya mengadakan gerakan sehat dengan bersepeda ke jalanan. Melalui kegiatan ini bisa menjalin silahturahmi tanpa batas,” harap sang Ketua Topas untuk anggota komunitasnya menutup pembicaraan.

www.md7hotel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*