Mau Ganti Velg Mobil-nya, Baca dulu ini

COMMUNITYpluz.com (CP) – Sering sekali kita temukan di situs toko online para penjual ban & velg yang menyediakan text box yang bisa kita isi dengan data mobil kita (merk, model & tahun pembuatan) kemudian akan memberikan beberapa penawaran merk dan type/model velg yang sesuai dengan mobil kita, seperti: Wheel Studio (www.wheelstudio.com), Tire Rack (www.tirerack.com), Wheel Fire (www.wheelfire.com), dll.

Mungkin kita bertanya-tanya, aspek apa saja yang dipakai dalam menentukan type/model velg tertentu yang akan cocok (compatible) dengan mobil tertentu.

Berikut adalah beberapa aspek penting dalam memilih velg alloy yang sesuai dengan mobil kita:

  • PCD (Pitch Circle Diameter / Stud Pattern).
  • Offset (ET) untuk roda depan dan belakang.
  • Ukuran velg depan dan belakang.
  • Diameter velg yang diinginkan.
  • Lebar velg depan dan belakang.
  • Kemampuan pembebanan velg.
  • Ukuran lubang tengah velg (Centre Bore).
  • Jarak komponen pengereman (tromol / disk terhadap velg).

P.C.D (Pitch Circle Diameter): PCD adalah ukuran jarak lubang-lubang baut pada velg standar atau hub/dudukan roda mobil anda.

Offset (ET): Nilai Offset (ET) dari velg ini menentukan sejauh mana pososi roda (ke dalam atau ke luar) terhadap bagian terluar dari mobil anda saat velg ini terpasang.

Ukuran velg depan dan belakang:

Setiap mobil diluncurkan dari pabriknya dengan ukuran velg yang standar. Saat akan menggantinya dengan ukuran yang lebih besar, lebih kecil ataupun yang berukuran sama dengan aslinya ada beberapa pilihan yang bisa diambil.

Diameter velg yang diinginkan:

Diameter velg pada dasarnya disesuaikan dengan diameter velg standar (bawaan mobil). Jika kita ingin merubahnya kita mesti memperhatikan ukuran velg yang masih diijinkan. (Biasanya sampai 2 tahap ukuran di atas aslinya).

Lebar velg depan dan belakang:

Lebar velg merupakan hal yang penting. Beberapa velg bisa jadi terlalu lebar buat mobil tertentu, ada juga mobil yang velg belakangnya lebih lebar. Kita mesti mempertimbangkan juga aspek ini.

Kemampuan pembebanan velg:

Setiap velg dibuat dengan kemampuan tertentu dalam menanggung pembebanan terhadapnya yang diukur dalam kilogram. Jika kemampuan ini terlewati maka ini akan membuat velg menanggung beban lebih yang bisa menyebabkan velg retak atau penyok. Ada ketentuan di Negara tertentu dimana beban pada as roda (axle load) maksimal sama dengan kemampuan pembebanan velg ini.

Ukuran lubang tengah velg (Centre Bore):

‘Center Bore’ adalah lubang pada bagian tengah dari bagian belakang velg. Lubang ini biasanya lebih besar dari diameter bibir ‘hub’ yang akan menjadi tempat menempelnya velg. Bila lubang ini lebih besar (dari diameter ‘hub’), maka harus dipasang Spigot Ring, Center Ring. Bila memungkinkan bagusnya kita mendapatkan velg dengan ukuran ‘center bore’ yang sesuai dengan mobil kita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*